Taman Unyil Wisata Meriah di Ungaran Untuk Anak- Anak

Ketika kita mendengar kata "Taman unyil" pasti terbayang sesosok boneka imut berpeci hitam yang selalu bersama temannya Usrok dan pak Ogah yang kepalanya plontos. Memorial tahun 90 an itu masih kuat menempel di benak masyarakat kita hingga kini. Bahkan di salah satu stasiun televisi kita ada program tayangan laptop si unyil.

 
Begitu hebohnya kala itu sehingga anak-anak di era 90an menjadikan Si Unyil sebagai tayangan favoritnya.Tokoh Pak Raden di gambarkan memakai blangkon, bertongkat,suara hambar dan berkumis centeng adalah ciri khas dari pencipta Si Unyil ini.Meskipun creator Si unyil ini sudah meninggal dunia tahun kemarin tetapi setidaknya sosok Pak Raden selaku pencetus ide kreatifitas ini masih melekat di hati para pecinta kisah Si Unyil.
 
Menarik memang ketika mengulas tentang si Unyil ini namun di sini kita tidak membahas tentang boneka lucu tersebut tetapi yang akan kita bahas adalah sebuah taman sederhana untuk bermain bagi anak-anak yang menjadi salah satu icon Kab. Semarang Jawatengah. Dan secara kebetulan Taman bermain ini begitu populernya di masyarakat sekitar dengan nama Taman Unyil.

Sebuah Taman kota yang hanya berukuran kurang dari setengah hektar ini menyediakan berbagai permainan sederhana khusus untuk anak anak. Mungkin juga karena luasnya tidak seberapa maka Taman kota ini dinamakan Taman Unyil oleh masyarakat Ungaran dan sekitarnya.

Taman Unyil sendiri letaknya cukup strategis karena dekat jalur utama Semarang -Solo-jogja  sehingga sangat mudah diakses oleh semua kalangan. Area taman yang cocok untuk tempat anak-anak dibawah umur mengekspresikan keenergikannya.

Sebenarnya selain ajang bermain untuk anak-anak kawasan ini juga di salah gunakan oleh muda-mudi untuk berkencan liar. Memanfaatkan penerangan yang redup mereka para dua sejoli menjadikan tempat ini sebagai ajang berbuat seronok. Karena memang Ketika malam tiba area ini sangat sepi sebab letak lokasinya sendiri bukan di tengah keramaian kota Ungaran tetapi di pinggir.

Meskipun banyak peringatan dari pihak satpol pp dan masyarakat setempat. Tetapi karena sudah merebak di kalangan para generasi muda maka tindakan ajang bermadu kasih justru kian marak.Banyak laporan datang dari warga sekitar kepada pihak terkait karena merasa resah dengan fenomena ini. .
Menindaklanjuti laporan warga maka langkah tegas dilakukan oleh pihak terkait dalam hal ini adalah pihak pemerintahan Kabupaten Semarang. Jelas fenomena ini memperburuk citra Kab.Semarang setelah maraknya prostitusi terselubung di Bandungan.

Yang mau tidak mau telah mencoreng masyarakat Kab.Semarang. Langkah penindaklanjutan dari keresahan masyarakat sekitar adalah dengan mengganti nama dari Taman Unyil menjadi Taman Serasi.Dengan harapan penggunaan fasilitas taman kota ini sesuai dengan namanya yaitu Serasi.

Tidak jarang juga ada patroli baik dari pihak aparat dan masyarakat sekitar untuk mengkondisikan taman kota ini supaya tidak di jadikan ajang kencan lagi. Pihak aparat dan warga saling bekerjasama dalam mengharmoniskan kawasan ini. 

Akhirnya  area ini di perbaiki sedemikian rupa dan lebih terawat tertata rapi.sehingga semakin ramai pengunjung. Tidak sedikit pula rombongan Keluarga mengajak putera - puterinya ke kawasan yang berlokasi di dekat perbatasan antara ungaran dan pudakpayung ini.Ada juga rombongan anak - anak Tk berkunjung di taman Serasi ini.

Sibuah hati anda akan merasa bebas bermain di area ini karena dikelilingi pagar pembatas setinggi 1 meteran. Dilengkapi juga dengan aneka jenis patung binatang dan ayunan yang memanjakan dunia anak. Khusus bagi para orangtua tidak perlu kuatir dengan keselamatan mereka. Kita sangat mudah memantau anak - anak kita bermain di sini.

Sekarang di sediakan area parkir dan banyak penjaja makanan di sekitar area ini. Di tempat ini Pengunjung biasanya berfoto ria bersama sibuah hati. Dengan narsis dan berbagai gaya selfinya di luapkan di taman tempat ini. Taman Unyil telah menjadi satu-satunya Wisata Meriah di Ungaran khusus Untuk Anak- Anak.

                                      
 
Jadi bagi anda terutama keluarga , ajaklah putera - puteri anda ke taman bermain ini. Bersih tertata rapi dan yang jelas memanjakan anak dengan aneka ragam permainan. Bahkan yang menarik adalah gratis tidak dipungut biaya. Inilah salah satu wujud perhatian pemerintah Kab.Semarang kepada masyarakatnya.Apreasi untuk pihak pemerintah yang telah mengkondisikan Taman Kota ini menjadi tempat bermain bagi anak - anak kami.